Sabtu, 05 Desember 2009

Enam Cara untuk Lebih Mengenal Diri Anda Sendiri Sebagai Komunikator


  • Mintalah umpan-balik.

Barangkali ada beberapa orang yang cukup dekat dengan anda yang dapat secara teratur mengamati komunikasi anda dengan orang lain. Tanyalah orang-orang ini mengenai seberapa baik menurut mereka anda berkomunikasi. Ada kemungkinan mereka telah melakukan beberapa pengamatan yang dapat mereka ungkapkan bila diminta. Pertanyaan anda hendaknya spesifik sehingga umpan-balik yang mereka berikan sesuai dengan yang anda perlukan. Janganlah bersikap defensive bila anda mendengarnya.

  • Carilah umpan-balik.

Jika anda adalah seorang yang sangat peka dan suka memperhatikan dampak diri anda terhadap rang lain, anda mungkin jarang sekali harus meminta umpan-balik dari orang lain. Anda akan mengetahui bagaimana anda di mata orang lain berdasarkan cara mereka berbicara serta terutama reaksi nonverbal mereka terhadap diri anda. Terlalu banyak diantara kita yang takut menerima umpan-balik seperti ini, terutama dalam hubungan pribadi, karena takut akan apa yang kita lihat.

  • Rekamlah suara anda.

Ini merupakan cara yang baik untuk memeriksa lafal, kecepatan, nada, serta variasi vokal dari pembicaraan kita. Anda dapat bereksperimen dengan suara anda untuk menghasilkan efek-efek baru. Tetapi, bersiap-siaplah, karena hampir pasti anda akan kecewa ketika pertama kali mendengar suara anda pada alat rekam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar